MUHAMMAD R AL BIRUNI

Berpacu menjadi yang terbaik

SISTEM OPERASI

20 May 2012 - dalam kuliah Oleh muhammad-r-a-fst10

Didunia mesin kita akan mempelajari bagaimana mesin dapat berpikr.  Bahasa mesin atau kode mesin merupakan seperangkat instruksi serta data yang dapat dieksekusi secara langsung oleh prosesor komputer. Kode mesin merupakan tingkatan yang paling rendah dari bahasa pemrograman dan biasanya digunakan sebagai tujuan kompilasi oleh kompiler pada bahasa-bahasa pemrograman lain dalam tingkatan yang lebih tinggi. (Dikutip dari http://id.wikipedia.org)

Komputer hanya dapat memahami bahasa mesin yaitu bahasa pemograman.

Pada pertemuan pertama ini kita akan membahas tentang sistem operasi atau Operating system. Sistem operasi atau dalam bahasa inggris disebut Operating system adalah jenis yang paling penting dari perngkat lunak dalam sistem komputer. Sistem operasi atau operating system merupakan bahasa induk,  bahasa yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Ada berbagai macam sistem operasi seperti windows dan linux

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

 

 (Dikutip dari http://id.wikipedia.org)

Operating system juga menyediakan seperangkat fungsi standar yaitu API (Application Programming Interface ).

Dalam API terdapat fungsi-fungsi atau printah-printah untuk mneggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan sistem operasinya .(Dikutip dari http://www.ipangsan.web.id).

Tujuan Operating system dibuat agar kita bisa menjalankan sebuah aplikasi yang dapat menempel pada Operating system dengan cara kita harus memahami bahasanya oleh sebab itu diperlukan API. Untuk menambah atau menjalankan sebuah aplikasi harus memiliki API sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas.

Os menyediakan berbagai macam printah untuk mengakses. Apabila kita membeli sebuah komputer maka kita akan memperoleh driver yang berfungsi untuk menghubungkan bahasa antara os dengan hardwere, artinya hanya menerjemahkan bahasa dengan mesinya.



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :