MUHAMMAD R AL BIRUNI

Berpacu menjadi yang terbaik

INTERNET PROTOKOL, ANDROID, DAN BAHASA HTML

03 June 2012 - dalam kuliah Oleh muhammad-r-a-fst10

Mengenal Pengertian dan Fungsi IP Adress sangat diperlukan bagi kita komputer mania yang ingin mempelajari seluk beluk komputer network atau jaringan. IP adress atau Internet Protocol adress tidak bisa lepas dari ilmu komputer jaringan. Untuk itu Mari Mengenal Pengertian dan Fungsi IP Adress atau Internet Protocol secara detail.

IP address adalah sigkatan dari Internet Protocol addreess, yaitu suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu alat, misalnya komputer atau printer, yang terdapat di dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi.

Fungsi IP address adalah memberikan suatu identitas kepada host agar dikenali oleh jaringan. Seperti halnya rumah, maka IP address adalah alamat dari rumah tersebut yang digunakan sebagai sarana identitas terhadap lingkungan. Sehingga si A mau mengirimkan surat ke si B, maka surat tersebut dapat dipastikan tidak akan sampai ke si C.

IP Address disuatu network tidak boleh sama, badan yang berwenang menangani pengaturan IP Address adalah IANA(Internet Assigned Numbers Autority). Badan ini berhak memberikan pengaturan IP address, pada Linux dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu cara permanen dan cara tidak permanent.

DNS adalah Domain Name Server, yaitu server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya. Namun bagi manusia tidak mungkin menghafalkan IP address tersebut, manusia lebih mudah menghapalkan kata-kata seperti www.yahoo.com, www.google.com, atau www.friendster.com. DNS berfungsi untuk mengkonversi nama yang bisa terbaca oleh manusia ke dalam IP addresshost yang bersangkutan untuk dihubungi.

TUGAS KULIAH

Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android adalah sistem operasi smartphone layar sentuh seperti iOS iPhone dan OS BlackBerry. Android dikembangkan Google dan pertama kali muncul tahun 2007 dengan ponsel pertamanya G1 T-Mobile.

Android terintegrasi dengan layanan Google seperti Gmail, Google Calendar, Google Contacts dan Google Voice dan sempurna bagi siapa saja yang menggunakan layanan Google.

MENGANALISIS , VIEW SOURCE DAN BAHASA HTML

Ketika saya membuka page www.youtube.com  www.vivanews.com, www.yahoo.com dengan mengklik kanan. Maka terlihat bahasa pemograman html, yang merupakan bahasa dasar dalam pembuatan website. Dewasa ini, hampir semua dokumen web dibuat dengan bahasa HTML (Hypertext Mark-up Language). Meskipun anda bisa saja membuat web page (halaman web) tanpa mengerti sedikitpun HTML, yakni dengan menggunakan editor HTML berjenis WYSIWYG seperti Microsoft FrontPage, Adobe PageMill atau Netscape Composer, namun sangat disarankan bahkan nyaris diharuskan, agar anda mengerti bahasa HTML. Terutama agar anda bisa memanfaatkan secara optimal berbagai fasilitas browser dan mengingat sejumlah kelemahan yang terdapat pada editor WYSIWYG seperti di atas. Untuk itu langkah pertama bagi Anda yang bercita-cita memiliki website sendiri adalah belajar HTML.

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat digunakan dalam Web. Dengan HTML, teks ASCII (file *.txt) dapat dipoles (di-mark-up) dengan kode-kode tertentu yang disebut tag untuk menjadi dokumen HTML (file *.htm atau *.html).

 Dari beberapa page yang saya buka terdapat beberapa format untuk warna tulisan, syarat dan kondisi seperti pada listing sebuah program, ada format hari, tanggal, dan waktu, format untuk memunculkan gambar dan untuk mendownload atau membuat akun dari halaman tersebut. Html singkatan dari Hyper Text Markup Language yang merupakan dominan bahasa markup untuk halaman web. Html ditulis dalam bentuk elemen HTML dan terdiri dari “tag” dikelilingi oleh kurung sudut () dalam konten halaman web.

Sumber

http://fadhilgalery.blogspot.com/2011/11/mari-mengenal-pengertian-dan-fungsi-ip.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Internet

http://tentangkomputerkita.blogspot.com/2010/10/apa-itu-dns-dns-adalah.html

http://assya.blogdetik.com/tag/android-adalah/

http://www.inilah.com/read/detail/742301/inilah-10-fakta-menyangkut-ponsel-android/

http://www.freewebs.com/buatsite/

 

 



Read More | Respon : 2 komentar

2 Komentar

Aldo Candra

pada : 04 June 2012


"Menarik sekali, tapi mengapa post ini tidak di serap dan disampaikan kembali menggunakan kata-kata sendiri?

Overall good enough. SEMANGAT!!"


Mohammad Yusuf R.

pada : 14 June 2012


"bagus bagus.."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :