MUHAMMAD R AL BIRUNI

Berpacu menjadi yang terbaik

ALAT UKUR KEDALAMAN LUBANG PADA GIGI DAN DENSITAS BERBASIS ANDROID

18 June 2012 - dalam kuliah Oleh muhammad-r-a-fst10

Perkembangan teknologi pada beberapa tahun ini sangatlah pesat,  Oleh sebab itu kita dituntut untuk kreatif dan  terus belajar, untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi orang banyak. Pada kesempatan ini saya mencoba untuk bercerita tentang ide saya dengan harapan mendapatkan masukan dari teman-teman agar nantinya dapa direalisasikan disamping memenuhi tugas kuliah. Ide saya yaitu  “ALAT UKUR KEDALAMAN LUBANG PADA GIGI DAN DENSITAS GIGI BERBASIS ANDROID”. Ide ini muncul ketika saya berdiskusi dengan teman-teman saya dilapangan basket, pada dasarnya idenya yaitu alat untuk mendekteksi bakteri pada mulut namun saya menilai ide tersebut sangatlah sulit untuk direalisasikan maka saya mencoba berdiskusi lagi dengan seseorang (nama dirahasiakan) yang lebih memahami tentang mulut dan gigi maka muncullah ide di atas.

 Latar belakang munculnya ide ini karena pada dasarnya perawat gigi atau dokter gigi dalam menentukan lubang pada gigi/ karies seseorang dengan menggunakan sonde yang dimasukan pada mulut atau gigi  atau foto rontgen. Metode ini menurut saya dinilai tidak terlalu efektif.

karies/ lubang pada gigi bisa diprediksi dengan mengetahui keluhan, beserta kedalaman lubang gigi :

  • Karies Media atau karies yang hanya sampai pada permukaan email saja biasanya ditandai dengan gejala apabila dibuat makan dan minum panas, dingin tersa ngilu dibuat dibuat makan dan minum asam ,manis juga ngilu .
  • Pemeriksaan pada sondasi hanya sepertiga sonde masuk / dangkal pada lubang karies dan terasa ngilu . 

Dengan adanya ALAT UKUR KEDALAMAN LUBANG PADA GIGI DAN DENSITAS GIGI BERBASIS ANDROID” maka saya berharap dapat mempermudah pekerjaan dari dokter atau perawat gigi dan masyarakat umum dapat mengetahui kualitas giginya.

Untuk memperkuat ide saya diatas saya mencoba bercerita beberapa hal.

 Dengan memanfaatkan aplikasi android yang sudah ada. Masih ingatkah anda dengan scanner konvensional? Alat yang mampu merubah data di kertas menjadi dokumen digital untuk keperluan tertentu. Anda masih ingat bukan?

Sekarang, jika anda mempunyai ponsel yang memiliki camera digital, anda bisa menggunakan fasilitas tersebut sebagai laternatif untuk melakukan scan dokumen secara manual. Caranya cukup mudah, cukup megambil gambar dokumen dengan camera, mentrasfernya ke komputer dan mengedit bagian yang perlu menggunakan software seperti Adobe Photoshop.

 

Cara tersebut mungkin memakan waktu agak lama mengingat ada beberapa proses yang harus dikerjakan. Jika ingin lebih cepat, ada solusi mudah untuk melakukannya dengan cepat dengan menggunakan aplikasi CamScanner. Syaratnya, ponsel anda harus berbasis Android karena aplikasi ini tersedia untuk OS Android.

Gagasan dari saya yaitu  dengan memanfaatkan prisnsip kerja dari CamScanner. Dengan data yang kita peroleh dengan menggunakan CamScanner kemudian dengan data tersebut kita olah dalam aplikasi yang akan kita buat yaitu aplikasiALAT UKUR KEDALAMAN LUBANG PADA GIGI DAN DENSITAS GIGI BERBASIS ANDROID”

Semoga kutipan ini bias menjadikan dasar yang kuat bagi ide saya.

Saya berharap ide saya ini akan dapat direalisasikan, mohon doa, komentar agar nantinya alat ini dapat diwujudkan.

Mohon kerja samanya

Terima kasih.

 

Sumber:

http://blog.fastncheap.com/camscanner-menyulap-ponsel-android-menjadi-scanner/

http://blog.fastncheap.com/android-barcode-scanner/

http://penyuluhan-kesehatan.blogspot.com/2011/11/menentukan-jenis-karies-lubang-pada.html

 



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :