MUHAMMAD R AL BIRUNI

Berpacu menjadi yang terbaik

Sistem Cerdas

10 March 2013 - dalam kuliah Oleh muhammad-r-a-fst10

Saya ternyata sudah semester  6.  Semoga semester 6 jauh lebih baik dari semester sebelumnya. Semenjak semester 4 saya tidak menulis di blog ini karena beberapa alasan. Namun pada semester 6 saya mahasiswa teknobiomedik harus menulis diblog ini guna memenuhi tugas kuliah. Saya berharap penulisan di blog ini dapat dilakukan  secara continue.

Pada tanggal 4 Maret 2013 diadakan kuliah pertama dari mata kuliah sistem cerdas. Sitem cerdas apa itu sistem cerdas?

Sistem cerdas merupakan kecerdasan buatan  agar mesin atau robot memiliki kecerdasan layaknya manusia. Manusia dapat berpikir merupakan anugrah yang luar biasa yang diberi oleh Allah swt, manusia deprogram dengan sempurna oleh Allah swt. Dengan kecerdasanya manusia dapat belajar apa yang diciptakan oleh Allah swt,  seperti mempelajari ilmu fisika, matematika, kimia, biologi, hukum, politik, psikologi, dll. Kita mungkin bertanya-tanya, kenapa ada ilmu fisika, ilmu matematika, ilmu psikologi, hokum, politik? Dan pada akhirnya ilmu-ilmu yang dipelajari oleh manusia  dibagi dalam dua kelompok yaitu ilmu sosial dan ilmu eksak . Ketika saya SMP, saya memahami bahwa ilmu eksak merupakan ilmu yang dapat dihitung atau memiliki rumus , sedangkan ilmu social merupakan ilmu yang penuh dengan hafalan. Namun pada dasarnya semua ilmu itu dapat dirumuskan. Sebagaimana yang disampaikan oleh  dosen kami yaitu bapak Soegianto bahwa hampir semua yang ada di muka bumi ini dapat dirumuskan secara matematis, termasuk cara berpikir manusia. Tetapi ada ilmu yang belum dapat atau susah untuk  dirumuskan secara matematis, seperti ilmu goib atau sihir.

Kecerdasan buatan adalah ilmu dan rekayasa yang membuat mesin mempunyai intelegensia  khususnya program komputer yang “cerdas” (John McCarthy, 1956)

Kecerdasan adalah kemampuan untuk  belajar atau mengerti dari pengalaman,  memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu, menanggapi dengan cepat dan baik atas  situasi yang baru, menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif (Winston dan Pendergast, 1994)

Dari sedikit uraian diatas dalam sistem cerdas mengenal dua sistem yaitu sistem linier dan non linier, linier merupakan sistem yang semuanya sudah ditentukan tergantung dari inputan. Misalnya jika tombol ditekan maka lampu akan menyala, jika tombol dilepas maka lampu akan mati. Contoh dalam bidang medis adalah hasil citra dari sebuah alat seperti CT scan, USG, dll. Sedangkan non linier merupakan sistem yang mampu menyelesaikan masalah yang memiliki hasil, bentuk, ukuran yang berbeda atau tidak sama.  Pada sistem ini mesin atau alat dibuat atau deprogram agar mesin dapat berpikir, dari satu input memiliki lebih banyak  kemungkinan output. Contoh kita bisa melihat dalam permainan catur, satu langkah memiliki kemungkinan 1016 untuk merespon sebuah masukan. Contohnya seperti retina recognition, robot humanoid.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekian uraian singkat dari saya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Penulis  mohon maaf atas kesalahan yang ada dalam tulisan ini dan mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif untuk penulisan selanjutnya.



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :